Senin, 09 Juli 2012

MEMBUAT TEMPLATE SENDIRI DENGAN POWERPOINT

Powerpoint 2007; Cara membuat template sendiri


  1. Buka presentasi kosong, kemudian klik ‘slide master’ pada tab ‘view’ dalam kelompok ‘Presentation Views’
  2. Klik 'Insert Slide Master' pada tab Slide master dalam kelompok Slide master
    Catatan
    Dalam slide thumbnail panel, slide master mewakili slide gambar yang lebih besar, dan layout yang terkait berada di bawahnya.
    Banyak presentasi berisi lebih dari satu slide master, sehingga Anda mungkin harus mencari salah satu yang Anda inginkan.
  3. Untuk mulai mengubah slide master, lakukan satu atau lebih hal berikut:

    • Untuk menghapus salah satu dari built-in slide layout standar yang menyertai slide master, pada thumbnail panel, klik kanan setiap slide layout yang tidak akan anda digunakan, kemudian klik ‘Delete Layout’.
    • Untuk menghapus yang tidak diinginkan, standar placeholder, pada thumbnail panel, klik tata letak slide yang berisi placeholder, klik perbatasan placeholder dari dalam jendela presentasi, kemudian tekan ‘DELETE’.
    • Untuk menambahkan teks placeholder, pada thumbnail panel, klik tata letak slide yang akan diisi placeholder, dan kemudian lakukan hal berikut:

      1. Pada tab ‘Slide Master’, di grup ‘Master Layout’, klik ‘Insert Placeholder’, kemudian klik ‘Text’.
      2. Klik lokasi pada slide master, kemudian tarik untuk memberi tempat.
      3. Ketik Deskriptif jenis teks bagi pengguna template Anda, untuk memasukkan informasi spesifik.
    • Untuk menambahkan jenis placeholders yang berisi konten seperti foto, clip art, SmartArt gambar, grafik, film, suara, dan meja pada tab Slide Master, di Master Layout grup, klik placeholder jenis yang ingin Anda tambahkan .
    • Untuk menerapkan tema (untuk memasukkan warna, format, efek, dalam sebuah layout) untuk presentasi, pada tab ‘Slide Master’, di grup ‘Edit Theme’, klik Tema, kemudian klik ‘theme’.
    • Untuk mengubah latar, pada tab ‘Slide Master’, dalam latar belakang grup, klik ‘Background Styles’, dan kemudian klik ‘Background’.
    • Untuk mengatur orientasi halaman untuk semua slide dalam presentasi, pada tab ‘Slide Master’, di grup ‘Page Setup’, klik ‘Slide Orientation’, kemudian klik salah satu Portrait atau Landscape.
    • Untuk menambahkan teks yang muncul dalam catatan kaki di bagian bawah dari semua slide dalam presentasi, lakukan berikut ini:

      1. Pada tab Sisipkan, dalam Teks grup, klik Header & Footer.
      2. Di Header dan Footer kotak dialog, pada tab slide, pilih kotak Footer, kemudian ketik teks yang akan muncul di bagian bawah slide.
      3. Untuk menampilkan konten footer di semua slide, klik Terapkan untuk Semua.
  4. Klik ‘Tombol Microsoft Office’ , kemudian klik ‘Save As’.
  5. Pada kotak ’File name’, ketik nama file, atau tidak melakukan apa pun yang disarankan untuk menerima nama file.
  6. Pada ‘Save as type’, klik ‘Template PowerPoint’, kemudian klik ‘Save’.

Tips
Simpan template ke folder Template di C: \ Program Files \ Microsoft Office \ Templates \ untuk membuatnya lebih mudah untuk menemukan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar